Pages

Rabu, 21 Maret 2012

My Aquascape, Trik and Tips


Blogvir (blog viewer) postingan kali ini gua mau share tentang hobi baru gua (Aquascape). Tau kan apa itu Aquascape??  Oke yang belum tau ta’ kasih tau deh, Aquascape itu bahasa bugisnya kl diartikan artinya kurang lebih seni menata tanaman air dalam akuarium. Yah walaupun masih niewbie di dunia berhantu ini (what? Lebay deh kayaknya) tapi karena udah cinta n suka sangad dengan hobi baru ini akhirnya perang pun dimulai (ehh??) maksudnya mulai nyoba. Bermodal semangat yang membara saya mulai nyari2 di mbah google tentang Aquascape di kota tempat tinggal ane dan ternyata........ tedennnngggg, belum terlalu banyak orang yang menggeluti hobi seperti ini di Makassar (hahhh?? Iyo kah?? Kesian kesian kesian) yang ujungnya berarti belum banyak perlengkapan seperti ini yang dijual di Makassar (yang kesian saya neh). Tapi untung lah ane dapat beberapa toko online yang menjual perlengkapan Aquascape (thanks to mbah google). Singkat cerita operasi percobaan pun dimulai, dengan perlengkapan seperti palu, obeng, paku, gergaji listrik (ini apaan? Mau buat meubel mas? hahahaaa), fokus fokus!! Oke lanjut, singkat cerita aje neh akhirnya aquascape gua jadi (ajaib bgt kan) tapi karena masih kurang tau cara merawat, akhirnya saya pun berduka cita, banyak tanaman jenis moss gua yang wafat (hueksss).

Nah karena itu bagi Blogvir yang gak mau bernasib sama dengan ane, nih gua share beberapa trik yg gua dapet dalam membuat Aquascape (sementara gua aplikasikan neh).

Pertama Blogvir tentukan tema aquascaping yang mau dibuat, setelah itu Blogvir buat design untuk mengoptimalkan evisiensi dalam mendekor. Kemudian tentukan tanaman yang akan Blogvir buat, tentunya dengan bajet yang blogvir miliki. Adapun tanaman memiliki sifat-sifat yang berbeda, perbedaan sifat tersebut ditentukan dari sifat alam dimana tanaman tersebut berasal, ada yang membutuhkan suhu air yang dingin biasanya tanaman ini terdapat di daerah pegunungan atau air terjun, biasanya untuk tanaman bersuhu normal dapat dijumpai didaerah sungai, cahaya yang tinggi dan rendah tergantung dari tanaman sekitar atau kedalaman tanaman air tinggal, dan banyaknya nutrisi yang dibutuhkan. Untuk menggunakan tanaman yang bersifat suhu yang dingin Blogvir harus memiliki bajet yang lebih dikarnakan harus memiliki alat pendingin air, sedangkan untuk besuhu normal bila Blogvir tinggal di Jakarta Blogvir boleh memakai kipas aquarium.

Dalam memilih ikan , Blogvir harus mempelajari dan mengenal sifat ikan dan kebutuhannya. Dengan mengenal jenis ikan Blogvir akan tau pasangan ikan yang akan Blogvir padukan, jangan sampai ikan Blogvir akan saling bertarung memperebutkan daerah, memakan penghuni lain (wuihh ngeri neh), karena itu dianjurkan menggunakan ikan yang sejenis. Untuk yang menyukai bemacam-macam ikan maka Blogvir tidak perlu khawatir karna itu tergantung dari selera pemilik aquarium tersebut, dengan mencari sifat dan jenis maka permasalahan itu akan beres. Ikan juga memiliki daerahnya untuk berenang, ada ikan yang berenang di daerah permukaan air(atas), salah satu contohnya ikan guppy (namanya lucu kan), ada juga yang berenang di sekitar tengah contoh ikan adalah rasbora(tengah) ada juga yang berenang di dasar air contoh ikan corydorus, Botia. untuk yang memelihara keong dan memiliki settingan dengan memisahkan dua warna pasir maka tidak dianjurkan memelihara Botia, dikarenakan ikan ini akan memakan koeng dan merusak struktur pasir yang sudah di didekor.

Salah satu dari penghuni aquascaping udang dan keong, fungsi dari udang dan keong tersebut selain memperindah juga menghambat pertumbuhan alga yang berada di aquascaping. Ada banyak macam udang, jadi tergantung dari Blogvir lebih tertarik memilih udang jenis apa dalam aquarium anda. Jika didalam aquarium Blogvir memiliki ikan angel fish, diskus, dan ikan lainnya yang memliki bentuk tubuh yang besar maka sebaiknya Blogvir harus merelakan mana yang akan Blogvir pelihara, dikarenakan ikan tersebut akan memakan udang anda.

Nah itu tadi sedikit info yang menurut ane penting buat para Blogvir yang sedang ataupun yang baru mau memulai Aquascape, smoga membantu.
Oh iya doakan Aquascape ane yah Blogvir, smoga gak ada yang wafat lagi ^_^

1 komentar:

  1. masih mending di palu itu kalau di kabupaten morowali tempat tinggalku lebih kasian untuk buat aquascape, tanaman mungkin banyak di hutan yang berawa, tapi untuk alatnya yang susah harus pesan kesana kemari semuanya tinggal tergantung dari skill aja .

    BalasHapus

Silahkan Komentar Disini..